Kamis, 27 Juni 2013

Risa Koruptor?


Materi hari kedua program kepimpinan LPDP batch 2 diawali dengan hadirnya Bapak Erry Riyana Hardjapamekas mantan wakil ketua KPK yang menguraikan tentang “Combating corruption, Integrity and Leadership”.  The Fraud Triangle merupakan tiga hal yang mendorong terjadinya korupsi, yaitu :

  1. Peluang
  2. Perilaku Pembenaran
  3. Tekanan
 Seorang pemimpin harus memiliki tiga R :

  1. Risk (Berani Mengambil Resiko)
  2. Responsibility (Bertanggung jawab)
  3. Reliability (Dapat diandalkan)

Dalam menyiapkan pemimpin masa depan, diperlakukan kombinasi yang seimbang dari :

  1. Control Systems
  2. People’s Education and Development
  3. Role Modeling dan Leadership
Dalam kaitannya dengan role modeling, pada tahun 2011 KPK menggandeng beberapa sutradara film untuk membuat film yang mempromosikan anti korupsi. Salah satu sutradara tersebut adalah Ine Febriyanti yang membuat film dengan judul Selamat Siang, Risa! http://www.youtube.com/watch?v=GKOdvrBoHvc

Film yang berdurasi 17 menit ini diawali dengan adegan Risa sebagai Kepala Bagian Perijinan yang akan disuap oleh seseorang. Cerita kemudian flash back ke tahun 1974 ketika Risa masih kecil. Pada saat itu Risa melihat ayahnya yang pegawai gudang beras menolak disuap oleh seorang pedagang beras yang akan menyewa gudang beras tersebut. Pada saat itu, keluarga Risa dalam kondisi yang tidak lapang. Adik Risa yang masih kecil sedang sakit, sementara persediaan beras di rumah juga tidak ada. Namun, Ayah Risa berkeras untuk menolak suap dalam jumlah nominal yang tidak sedikit tersebut karena integritasnya terhadap amanah jabatan yang dia emban.

 Dalam film yang diinspirasi oleh pengalaman pribadi Ine Febriyanti semasa kecil yang berulang-ulang mendapatkan cerita dari Ibunya tentang Ayahnya yang bernama Purwoko yang menolak suap tersebut, Ayah sebagai pemimpin dalam keluarga menjadi Role Modeling bagi keluarganya. Perilaku integritas sang Ayah menjadi penguat pada diri Risa untuk menolak suap yang akan diberikan kepadanya.

 Dalam ilmu psikologi, salah satu cara pembentukan perilaku adalah melalui modelling. Bandura mengutarakan konsep modelling dalam Social Learning Theory. Seseorang akan mengamati orang-orang disekelilingnya untuk kemudian meniru perilakunya dan menginternalisasi nilai-nilai yang dia amati. http://psychology.about.com/od/developmentalpsychology/a/sociallearning.htm.

Pada saat ini banyak anak dan remaja yang menjadikan artis sebagai role modelnya, sehingga sangatlah tepat ketika KPK mencoba menginternalisasikan nilai-nilai integritas melalui film.

Dalam film Selamat Siang, Risa! Ine memasukkan sosok Ayah sebagai role model bagi Risa. Hal tersebut sangatlah tepat, karena orangtua merupakan orang yang pertama dan utama dalam pendidikan anak. Menjadi tanggung jawab orangtua lah dalam menginternalisasi nilai-nilai positif yang dapat menangkal perilaku korupsi, salah satunya adalah integritas.

 

Referensi :
http://www.youtube.com/watch?v=GKOdvrBoHvc
http://psychology.about.com/od/developmentalpsychology/a/sociallearning.htm
http://www.google.com/search?q=The+Fraud+Triangle&tbm=isch&tbo=u&source=univ&sa=X&ei=d9bMUZv1I42qrAe63YCwDg&ved=0CCkQsAQ&biw=1366&bih=674

1 komentar:

  1. makasih ilmunya mb, meluncur lihat filmya ah...sdng nyari ide film :)

    BalasHapus