Minggu, 30 Juni 2013

Cara Komunikasi


Manusia adalah makhluk sosial yang senantiasa berkomunikasi antara satu individu dengan individu yang lain. Proses komunikasi adalah proses pengiriman pesan dari orang yang menyampaikan pesan kepada orang yang menerima pesan. Komunikasi terdiri atas komunikasi lisan dan komunikasi tulisan. Komunikasi lisan terjadi ketika pesan disampaikan secara verbal dari satu orang ke orang lain. Sedangkan komunikasi tulisan terjadi ketika pesan disampaikan secara tertulis. Materi tentang komunikasi lisan dan komunikasi tulisan menjadi penekanan pada hari kelima Program Kepemimpinan calon penerima beasiswa LPDP batch 2.

Sesi diawali dengan workshop tentang presentasi efektif dengan pemateri bapak Tedy J Sitepu.  Beliau menyampaikan bahwa efektivitas presentasi tergantung pada beberapa faktor, yaitu :

1.      Presenter

Presenter seyogyanya mampu menampilkan gairah. Hal tersebut akan mudah dilakukan ketika peserta yang menyimak presentasi dengan perhatian. Apabila peserta tampak tidak memperhatikan maka tugas presenter untuk menampilkan gairah akan semakin berat. Namun demikian, apa pun kondisinya presenter memiliki kewajiban untuk menghidupkan suasana

2.      Interaksi

Interaksi adalah kontak yang dilakukan oleh presenter kepada peserta presentasi. Kontak tersebut dapat berupa kontak mata, dengan mendekati, mengajak tersenyum atau mengajak bicara.

3.      Makna

Dalam presentasi yang terpenting adalah makna. Dalam hal ini isu utamanya adalah apakah makna yang ditangkap oleh peserta presentasi sama dengan makna yang ingin disampaikan oleh presenter.

4.      Media

Media adalah alat bantu yang digunakan untuk memperkuat makna dari pesan yang akan dikomunikasikan. Media dapat berupa media audio maupun visual. Media audio seperti musik, sedangkan media visual dapat berupa gambar, film atau pun kata-kata.

Materi selanjutnya adalah komunikasi melalui media sosial yang disampaikan  Bapak Yunus Bani Sadar. Menurut beliau, media sosial (social media) adalah media yang memungkinkan seseorang untuk melakukan aktivitas sosial. Ada banyak media sosial, beberapa yang banyak digunakan adalah :

1.      Blog

Blog yang baik dapat dilihat dari sisi content, traffic, dan design. Menulis di blog dimulai dari menemukan ide kemudian menulis, lalu membagikan dan diakhiri dengan evaluasi. Hasil evaluasi menjadi sumber bagi munculnya ide baru.

2.      Facebook

Facebook merupakan media yang dapat digunakan untuk interaksi, bisnis atau narsis. Facebook dapat digunakan sebagai personal branding, sebaiknya facebook yang digunakan untuk pribadi dan personal branding dibuat terpisah.

3.      Twitter

Dalam membuat username twitter sebaiknya menggunakan 3 S : Simple, Short dan Straight.

Pada prinsipnya baik komunikasi lisan maupun komunikasi tulisan akan efektif apabila pesan dapat dipersepsikan dengan tepat oleh penerima pesan. Berbagai media dapat digunakan untuk memperkuat makna dari pesan sehingga diterima dengan tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar