Manusia
adalah makhluk sosial yang senantiasa berkomunikasi antara satu individu dengan
individu yang lain. Proses komunikasi adalah proses pengiriman pesan dari orang
yang menyampaikan pesan kepada orang yang menerima pesan. Komunikasi terdiri atas
komunikasi lisan dan komunikasi tulisan. Komunikasi lisan terjadi ketika pesan
disampaikan secara verbal dari satu orang ke orang lain. Sedangkan komunikasi
tulisan terjadi ketika pesan disampaikan secara tertulis. Materi tentang
komunikasi lisan dan komunikasi tulisan menjadi penekanan pada hari kelima Program
Kepemimpinan calon penerima beasiswa LPDP batch 2.
Sesi
diawali dengan workshop tentang presentasi efektif dengan pemateri bapak Tedy J
Sitepu. Beliau menyampaikan bahwa efektivitas
presentasi tergantung pada beberapa faktor, yaitu :
1.
Presenter
Presenter
seyogyanya mampu menampilkan gairah. Hal tersebut akan mudah dilakukan ketika
peserta yang menyimak presentasi dengan perhatian. Apabila peserta tampak tidak
memperhatikan maka tugas presenter untuk menampilkan gairah akan semakin berat.
Namun demikian, apa pun kondisinya presenter memiliki kewajiban untuk
menghidupkan suasana
2.
Interaksi
Interaksi
adalah kontak yang dilakukan oleh presenter kepada peserta presentasi. Kontak
tersebut dapat berupa kontak mata, dengan mendekati, mengajak tersenyum atau mengajak
bicara.
3.
Makna
Dalam
presentasi yang terpenting adalah makna. Dalam hal ini isu utamanya adalah apakah
makna yang ditangkap oleh peserta presentasi sama dengan makna yang ingin
disampaikan oleh presenter.
4.
Media
Media
adalah alat bantu yang digunakan untuk memperkuat makna dari pesan yang akan
dikomunikasikan. Media dapat berupa media audio maupun visual. Media audio
seperti musik, sedangkan media visual dapat berupa gambar, film atau pun
kata-kata.
Materi
selanjutnya adalah komunikasi melalui media sosial yang disampaikan Bapak Yunus Bani Sadar. Menurut beliau, media
sosial (social media) adalah media
yang memungkinkan seseorang untuk melakukan aktivitas sosial. Ada banyak media
sosial, beberapa yang banyak digunakan adalah :
1.
Blog
Blog
yang baik dapat dilihat dari sisi content,
traffic, dan design. Menulis di
blog dimulai dari menemukan ide kemudian menulis, lalu membagikan dan diakhiri
dengan evaluasi. Hasil evaluasi menjadi sumber bagi munculnya ide baru.
2.
Facebook
Facebook
merupakan media yang dapat digunakan untuk interaksi, bisnis atau narsis. Facebook
dapat digunakan sebagai personal branding, sebaiknya facebook yang digunakan
untuk pribadi dan personal branding dibuat terpisah.
3.
Twitter
Dalam
membuat username twitter sebaiknya menggunakan 3 S : Simple, Short dan
Straight.
Pada prinsipnya baik
komunikasi lisan maupun komunikasi tulisan akan efektif apabila pesan dapat
dipersepsikan dengan tepat oleh penerima pesan. Berbagai media dapat digunakan
untuk memperkuat makna dari pesan sehingga diterima dengan tepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar